Selasa, 14 Maret 2017

Amankah Mengonsumsi Makanan Kedaluwarsa?

smart detox Makanan yaitu sumber sampah paling besar serta adalah kontributor produksi gas metana serta jadi penyebabnya pemanasan global. Ini belum terhitung keperluan air, listrik, bahan bakar, serta sumber daya yang lain yang percuma untuk menghasilkan makanan yg tidak pernah Anda makan.



Anak-anak yang sangat pilih makanan, pola hidup yang repot, serta rencana yang jelek yaitu sebagian argumen yang mengakibatkan makanan yang telah dibeli pada akhirnya masuk ke tempat sampah. Argumen yang lain yaitu kesalahpahaman mengenai peringatan di label makanan, umpamanya peringatan Sell By (Di jual Oleh), Use By (Dipakai oleh), Best Before (Baik Dipakai sebelumnya) serta Expiration Date (Tanggal Kedaluwarsa).

" Beberapa besar customer tak mengerti kalau kerapkali kwalitas makanan tidak sama dengan keamanan pangan, " kata Robert Gravani, Ph. D., seseorang profesor pengetahuan makanan di Cornell University. Makanan mungkin saja tak akan ada pada puncak kwalitas terbaiknya sesudah tanggal yang tercantum pada paket (Best Before) namun bukanlah bermakna bahaya bila dikonsumsi. Pergantian warna yaitu permasalahan kwalitas, bukanlah permasalahan keamanan. Dalam banyak masalah, makanan di rack atau bahkan juga di almari es, telah melalui tanggal kwalitas terbaiknya namun belum kedaluwarsa.

" Penyakit lantaran makanan umumnya datang dari kerancuan, tidak dari sistem alami pembusukan, " kata Dana Gunders, ilmuwan di Alami Resources Defense Council and penulis buku “Waste-Free Kitchen Handbook. " Panca indera kita dapat mengetahui pembusukan makanan. " Makanan yang sudah kedaluwarsa yaitu makanan yang telah melalui tanggal kedaluwarsa atau expired date yang terdaftar di paket. Makanan kedaluwarsa bisa jadi fasilitas jamur tumbuh, berbau tak enak, serta rasa-rasanya jadi busuk, asam, atau rasa aneh yang lain. Makanan yang telah beralih jadi seperti itu, sekalipun tak aman untuk dikonsumsi.

Mengerti apa yang tercatat pada paket, terkecuali Expired date (Tanggal keduwarsa) serta Best before (Baik dipakai sebelumnya), yaitu juga hal yang begitu utama. Sell by (Di jual oleh) yaitu tanggal dimana produsen merekomendasikan kapan pengecer baiknya turunkan product dari rack penjualan. Maksudnya yaitu untuk meyakinkan konsumen memperoleh kwalitas yang paling baik. Best by (Paling baik oleh) serta Use by (Dipakai oleh) yaitu pemberitahuan kapan Anda mesti makan atau membekukan product untuk melindungi kwalitas terbaiknya.

Dalam umumnya masalah, produsen mengambil keputusan tanggal serta prasyarat yang mereka terakan pada paket, berdasar pada pengujian product mereka sendiri. Menurut laporan dari NRDC serta Harvard University, mereka memakai beberapa cara, seperti tes laboratorium serta pengujian rasa. Kerapkali, Anda tak lihat ada ketidaksamaan kwalitas pada makanan yang saat kedaluwarsanya sudah berlalu, terlebih bila tanggal kedaluwarsa itu belum lama lewat.

Kadang-kadang, sebagian makanan kedaluwarsa juga masihlah dapat dipakai. " Pakai susu asam seperti buttermilk untuk bikin pancake atau adonan biskuit, " kata Gunders. " Anda bisa menghidupkan kembali sayuran layu seperti wortel serta seledri dengan merendamnya di air es, serta salad hijau yang telah agak lemas namun tak busuk untuk tumisan. "

Namun, makanan yang saat kedaluwarsanya sudah lama berlalu, terlebih bila telah berbau tak enak serta busuk, mesti selekasnya Anda buang. Pasalnya, makanan ini dapat mengakibatkan sakit perut serta mungkin saja keracunan makanan.

Tanda-tanda serta dampak keracunan beragam bergantung pada type seberapa kronis tingkat keracunannya. Tetapi, sinyal tanda biasanya yaitu kram di daerah perut, muntah, demam, pusing, dehidrasi serta diare persisten. Beberapa gejala bisa berjalan sebagian jam, hari atau minggu, bergantung tingkat keparahan serta keadaan korban.

Sebagian makanan yang disimpan dalam keadaan yang jelek serta melalui tanggal kedaluwarsa, dapat juga terkontaminasi oleh bakteri salmonella atau listeria. Pada sebagian masalah keracunan makanan yang kronis serta tak selekasnya memperoleh pertolongan medis, korban mungkin kehilangan nyawanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar